Jemparingan Nusantara AWAL

Jemparingan Nusantara

(www.KrisBudi.com) Apa sich Jemparingan Nusantara ? Pertanyaan ini menyeruak dibenak saya terutama… saat saya ditanting untuk menjadi salah-satu wakil Langenastro di JN.

Salah-satu sumber yg akurat (menurut saya) yg berhasil saya temukan adalah web-resmi Paseduluran Jemparingan Langenastro, seperti di bawah ini..

jemparingan nusantara langenastro jogja

Baca juga: Paseduluran Jemparingan LANGENASTRO

Ide awal dilontarkan mas Eko (Kang Lawasan) melalui forum komunikasi online grup Jemparingan Mataraman, mengenai perlunya diwujudkan agenda silaturahmi antar paguyuban jemparingan menjawab tantangan baru dengan mulai bermunculannya paguyuban-paguyuban jemparingan baru dan gairah memanah, khususnya jemparingan di berbagai dearah.

Akhirnya setelah melakukan diskusi singkat dengan Paseduluran Jemparingan Langenastro, disepakati pertemuan pertama ini akan digelar pada hari Minggu, 8 Januari 2017, bertempat di Sasana Jemparingan Langenastro – Kampung Langenastran Kraton Yogyakarta.Alhamdulillah pada acara ini hadir 30 perwakilan 13 paguyuban dan lembaga yang berperan aktif di dalam pelestarian jemparingan dari Surabaya, Magetan, Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Jogja dan Jakarta

Pada sesi pertama – mas Eko (Kang Lawasan) sebagai pelontar ide silaturahmi antar paguyuban jemparingan menceritakan kegilaannya pada jemparingan hingga mimpi-mimpi besarnya tentang jemparingan hingga munculnya ide untuk membangun mimpi-mimpi ini bersama paguyuban-paguyuban jemparingan yang mulai bermunculan di berbagai daerah. Ide ini dilontarkan dalam forum/grup komunikasi online Jemparingan Mataraman dan bersambut baik hingga digelarnya kegiatan ini pada hari Minggu, 8 Januari 2017 ini.

 

…selanjutnya >> Rembug Jemparingan Nusantara

 

Baca juga : Susunan Pengurus Jemparingan Nusantara